Kementerian Pertanian Pastikan Stok Pangan Pokok di Indonesia Tercukupi hingga Lebaran

- 10 April 2022, 16:30 WIB
Pedagang memotong daging di Pasar Kebayoran, Jakarta, Sabtu (5/2/2022). Kementan sebut stok daging sapi jelang bulan Ramadhan dan lebaran aman.
Pedagang memotong daging di Pasar Kebayoran, Jakarta, Sabtu (5/2/2022). Kementan sebut stok daging sapi jelang bulan Ramadhan dan lebaran aman. /Antara Foto/Rivan Awal Lingga

LINGKAR KEDIRI - Menjelang lebaran, pemerintah sudah berupaya untuk mengontrol kebutuhan pokok.

Pemerintah pun nampak sigap dalam menangani kemungkinan terjadinya masalah mengingat saat ini tengah ramai isu BBM Pertamax naik.

Monitoring tentang kesiapan bahan pokok ini dialkukan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang memastikan ketersediaan 12 bahan pangan pokok penting aman selama Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Bursa Transfer, Arsenal Mulai Dekati Hazard, Mbappe Dikabarkan Mulai Perhitungkan Datang ke Real Madrid?

"Kalau saya lihat ketersediaan sampai Lebaran aman," kata Mentan Syahrul di Jakarta, Jumat.

Syahrul menjelaskan saat ini terdapat ketersediaan pangan di beberapa wilayah dengan produksi yang mencukupi dan bahkan melimpah.

Namun, lanjut dia, ada pula beberapa daerah yang defisit pada beberapa jenis pangan pokok.

Syahrul menjelaskan bahwa strategi Kementerian Pertanian ialah mendistribusikan bahan pangan dari wilayah sentra produksi yang surplus ke daerah yang defisit.

"Ada daerah surplus dan daerah defisit sehingga kami coba intervensi distribusinya sehingga stok terjaga di semua daerah. Daerah yang surplus kami intervensi untuk menyuplai daerah yang defisit sehingga saya minta antar penanggung jawab di masing-masing daerah untuk bersinergi," kata Syahrul.

Halaman:

Editor: Haniv Avivu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x