4 Manfaat Menggunakan Software Database Karyawan Perusahaan

- 1 Mei 2022, 12:07 WIB
Ilustrasi absensi online
Ilustrasi absensi online /Tangkapan layar mekari. Com/

LINGKAR KEDIRI - Laporan absensi merupakan satu laporan wajib dalam perusahaan yang berisi hasil dari kerja seluruh karyawan selama sebulan terakhir. Membuat laporan absensi karyawan adalah salah satu tugas HRD selaku posisi yang memiliki jobdesk mengurus kepentingan administrasi sampai masalah penggajian karyawan.

Laporan absensi ini juga sangat berhubungan dengan payroll dimana hasil gaji dikorelasikan dengan hasil kinerja karyawan, untuk itu laporan absensi bisa digunakan menjadi salah satu faktor penentu besar nominal gaji karyawan.

Namun semakin maraknya software database karyawan perusahaan, laporan absensi karyawan inipun masuk dalam salah satu fitur software database karyawan perusahaan sehingga sekarang membuat laporan absensi tidak lagi manual. Mulai dari fungsi laporan absensi sampai keuntungan penggunaan software database karyawan perusahaan akan kita bahas di artikel hari ini, simak baik-baik ya!

Laporan Absensi Karyawan

Seperti yang sudah kita singgung di bagian awal tadi, laporan absensi karyawan adalah laporan yang berisi hasil kinerja karyawan selama beberapa waktu terakhir. Isi dari laporan absensi karyawan ini berupa jam kerja, waktu lembur, izin dan cuti, ataupun data keterlambatan.

Pembuatan laporan absensi ini wajib dilakukan mengingat ini adalah salah satu media yang digunakan perusahaan untuk menilai karyawan dan melihat aktivitas operasional di perusahaan tersebut.

Pembuatan laporan absensi bisa dibuat dengan cara manual, atau memasukkan data satu persatu, atau otomatis dari mesin absensi.

Waktu untuk laporan absensi ini cukup beragam berdasarkan waktunya, mulai dari per minggu, bulan, tahun ataupun per beberapa waktu yang ditentukan, sesuai kebutuhannya.

Fungsi Laporan Absensi Karyawan

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x