Uni Eropa Disebut Ketatkan Embargo Minyak Mentah Rusia Sebabkan Harga Minyak Dunia Terpantau Naik

- 3 Mei 2022, 13:25 WIB
Ilustrasi Kilang Minyak.
Ilustrasi Kilang Minyak. /pixabay/SatyaPrem/

LINGKAR KEDIRI – Harga minyak terpantau naik pada hari Selasa, hal ini memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya.

Penyebabnya karena Uni Eropa memperkuat rencana untuk memperketat sanksi terhadap Rusia minggu ini, dengan Jerman mengatakan siap untuk mendukung embargo langsung terhadap minyak Rusia.

 Baca Juga: Isu Panas, Terungkap Alasan Sampai Sekarang Belum Ada Konfirmasi Kesepakatan Real Madrid dengan Mbappe

"Harga minyak mentah naik setelah komentar dari menteri ekonomi Jerman, yang mencatat bahwa Uni Eropa berencana untuk melarang impor minyak Rusia baik segera atau dalam beberapa bulan," kata Stephen Innes, Managing Partner di SPI Asset Management, dilansir LingkarKediri dari Reuters.

Komisi Eropa diperkirakan akan menyelesaikan pekerjaan pada hari Selasa pada paket keenam sanksi Uni Eropa (UE) terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina, yang akan mencakup larangan membeli minyak Rusia.

Embargo itu dapat menyelamatkan Hongaria dan Slovakia, keduanya sangat bergantung pada minyak mentah Rusia, kata dua pejabat Uni Eropa, Senin.

 Baca Juga: MU Berhasil Kandaskan Brentford, Rangnick Disebut Masih Belum Puas Terhadap Posisi Setan Merah

Pasokan produk bahan bakar yang ketat menambah permintaan minyak mentah, yang membantu menaikkan Brent dan WTI lebih dari 40 sen pada hari Senin setelah sesi yang bergejolak.

Rekor ekspor dari Teluk AS memakan pasokan ke pasar domestik AS, kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan. ANZ mengatakan bahwa menurut layanan pelacakan kargo Vortexa Analytics setidaknya 2 juta barel per hari bensin, solar dan bahan bakar jet mengalir keluar dari kilang di Teluk AS pada bulan April.

Halaman:

Editor: Yulian Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x