Sempat Melonjak di Sesi Sebelumnya Terkait Sanksi Rusia, Harga Minyak Dunia Kini Terpantau Turun Mereda

- 12 Mei 2022, 13:25 WIB
Ilustrasi. kilang minyak
Ilustrasi. kilang minyak /Bing Guan/Reuters

LINGKAR KEDIRI – Harga minyak turun di awal perdagangan Asia pada Kamis, mengambil jeda setelah naik lebih dari 5% pada sesi sebelumnya menyusul sanksi baru Rusia terhadap beberapa perusahaan gas Eropa.

Pada hari Rabu Rusia memberikan sanksi kepada 31 perusahaan yang berbasis di negara-negara yang memberlakukan sanksi terhadap Moskow setelah Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari.

 Baca Juga: Polemik Kasus Subang, Pria Ini Menduga Yosef Memiliki Banyak Hutang: Pak Yosef Mencari Pinjaman Kesana Sini

Itu menciptakan kegelisahan di pasar pada saat yang sama bahwa aliran gas Rusia ke Eropa melalui Ukraina turun seperempat. Ini adalah pertama kalinya ekspor melalui Ukraina terganggu sejak invasi.

Minyak mentah berjangka Brent turun 9 sen menjadi 107,42 dolar AS per barel pada 0013 GMT. Minyak mentah berjangka WTI turun 13 sen menjadi 105,58 dolar AS per barel.

Harga telah naik lebih dari 35% sepanjang tahun ini, didukung oleh kekhawatiran pasokan setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari.

 Baca Juga: Zelensky Harus Waspada, Ukraina Timur Dalam Bahaya Besar, Severodonetsk Hampir Dikepung Tentara Rusia

Uni Eropa masih menawar embargo minyak Rusia, yang menurut para analis akan semakin memperketat pasar dan mengalihkan arus perdagangan.

Pemungutan suara membutuhkan dukungan dengan suara bulat, tetapi telah ditunda karena Hongaria telah berusaha keras dalam oposisi.

Halaman:

Editor: Yulian Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x