Uni Eropa Setuju Larang Sebagian Besar Impor Minyak Rusia, Harga Minyak Dunia Kini Terpantau Mulai Naik

- 31 Mei 2022, 13:55 WIB
Ilustrasi. kilang minyak
Ilustrasi. kilang minyak /Bing Guan/Reuters

LINGKAR KEDIRI – Harga minyak naik pada hari Selasa setelah Uni Eropa setuju untuk memangkas impor minyak dari Rusia pada akhir 2022.

Memicu kekhawatiran pasar yang lebih ketat yang sudah tegang untuk pasokan di tengah meningkatnya permintaan menjelang puncak musim mengemudi musim panas AS dan Eropa.

Para pemimpin Uni Eropa pada prinsipnya sepakat untuk memotong 90% impor minyak dari Rusia pada akhir 2022, menyelesaikan kebuntuan dengan Hongaria atas sanksi terberat blok itu terhadap Moskow sejak invasi ke Ukraina tiga bulan lalu.

 Baca Juga: Kabar Mengejutkan, Pertimbangkan Usulan Italia, Rusia Blak-blakan Bahas Rencana Penghentian Perang di Ukraina

Namun, beberapa ahli mengatakan kenaikan harga minyak dapat diredam karena pasar telah memperhitungkan kendala pasokan.

Hampir setiap anggota UE menyetujui larangan tersebut, menunjukkan bahwa pasar "sudah menetapkan harga dalam sanksi sendiri UE dan secara signifikan lebih sedikit minyak Rusia yang mengalir ke Eropa tahun ini", Managing Partner SPI Asset Management Stephen Innes mengatakan kepada Reuters.

"Saya pikir pasar menilai lebih banyak permintaan Asia melalui China; namun, kekhawatiran yang mencolok adalah meroketnya harga bensin di SPBU yang dapat menyebabkan kehancuran permintaan musim mengemudi," tambah Innes, dilansir LingkarKediri dari laman Reuters.

 Baca Juga: Pelaku Kasus Subang Mulai Terlacak, Yosef Terang-terangan Datang ke Polres Subang dan Mengungkap Hal Ini

Permintaan dari China diperkirakan akan meningkat setelah pelonggaran pembatasan COVID-19.

Halaman:

Editor: Yulian Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x