Inflasi Indonesia Dikabarkan Melonjak ke Level Tertinggi selama 7 Tahun Terakhir, Menkeu Ungkap Hal Ini...

- 2 Agustus 2022, 12:55 WIB
ILUSTRASI inflasi.
ILUSTRASI inflasi. /Pixabay/Stevepb/

LINGKAR KEDIRI – Inflasi Indonesia melaju ke level tertinggi tujuh tahun didorong oleh melonjaknya harga pangan, data menunjukkan pada hari Senin kemarin.

Memicu seruan untuk kenaikan suku bunga, meskipun gubernur bank sentral mengisyaratkan dia tidak terganggu karena inflasi inti tetap rendah.

Pada 4,94%, tingkat inflasi Juli merupakan yang tertinggi sejak Oktober 2015, yang mencerminkan kenaikan harga bahan makanan, bahan bakar rumah tangga dan tiket pesawat, serta kenaikan beberapa tarif listrik.

 Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 2 Agustus 2022, Sosok Ini Bongkar Siska Suruhan Ricky, Andin Justru Tidak Percaya

Sebuah jajak pendapat Reuters memperkirakan tingkat 4,82%. Tingkat Juni adalah 4,35%.

Tingkat inflasi inti Juli, yang menghapus harga yang dikendalikan pemerintah dan harga pangan yang bergejolak, kira-kira sesuai dengan ekspektasi di 2,86%, naik dari 2,63% sebulan sebelumnya.

Kisaran target Bank Indonesia (BI) untuk inflasi headline adalah 2% hingga 4%, tetapi pembuat kebijakan telah menyatakan preferensi untuk menentukan laju pengetatan moneter dengan melihat tingkat inflasi inti.

 Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 2 Agustus 2022, Semakin Khawatir, Sienna Minta Bantuan Sosok Ini untuk Memantau Sal

Gubernur Perry Warjiyo menegaskan bahwa pada hari Senin, menyoroti bahwa inflasi inti berada di bawah perkiraan BI 2,99%.

Halaman:

Editor: Yulian Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x