Ancaman Gempa Bumi di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Magnitudo 8,8 dan Berpotensi Tsunami 15 Meter

- 12 Oktober 2020, 18:13 WIB
Gempa Semakin Sering Terjadi Lebih Bagus
Gempa Semakin Sering Terjadi Lebih Bagus /Tumisu

LINGKAR KEDIRI – Masyarakat Pulau Bali dan Nusa Tenggara dihimbau untuk tetap waspada, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan bahwa ada potensi gempa bumi dengan Magnitudo mencapai 8,8 dan berpotensi tsunami.

Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB Dr Aam Abdul Muhari, dalam rapat kerja yang dipimpin Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur Bali, pada Jumat (9/10). Aam menjelaskan bahwa pusat gempa bumi tersebut berpusat di selatan Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Awas Gempa Bumi Mengancam Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Dengan Magnitudo Mencapai 8,8

"Kita punya ancaman di selatan Bali, di Bali ada zonanya yang beberapa lama tidak ada gempanya, sehingga ada potensi selatan Bali dan Nusa Tenggara itu potensi magnitudo 8,8,” ucap Aam dikutip dari ANTARA.

Aam juga mengatakan hal tersebut perlu diwaspadai, pasalnya gempa bumi sudah pernah beberapa kali terjadi di selatan Pulau Bali.

“Ini patut diwaspadai karena gempa magnitudo 5 sampai 6 di selatan Bali sudah beberapa kali terjadi," lanjutnya.

Baca Juga: Waspada! BMKG: Terjadi Peningkatan Bencana Hidrometeorologi, Gempa Bumi, dan Tsunami

Menurut Aam, jika gempa bumi itu terjadi, maka dampaknya akan sangat parah di daerah Nusa Dua dan Kuta, Kabupaten Badung, dan Sanur, Kota Denpasar.

"Bali itu kan ada lehernya di sebelah selatan, dan lehernya bisa terendam dari sisi kiri dan kanan, tinggi tsunami di darat sekitar 4 hingga 15 meter," ucapnya.

Halaman:

Editor: Alfan Amar Mujab

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X