180.000 Penerima Kartu Prakerja Resmi Dicabut, Pihak Manajemen: Sayang Sekali Tidak Dimanfaatkan

- 19 September 2020, 17:15 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja Diblokir
Ilustrasi Kartu Prakerja Diblokir /Masfu/Lingkar Kediri

LINGKAR KEDIRI - 180ribu status kepesertaan Kartu Prakerja dicabut oleh Manajemen Pelaksana (PMO) Prakerja dari gelombang I sampai IV. Jumlah tersebut setara dengan 3,84 persen dari total 4,68 juta peserta yang telah diterima Program Kartu Prakerja hingga gelombang 8 yang terhitung sampai 17 September 2020 kemarin.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu (PMO) Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, pembatalan kepesertaan ini dilakukan lantaran penerima manfaat tidak melakukan pemilihan pelatihan dalam 30 hari sejak ditetapkan sebagai peserta.

Mekanisme pembatalan sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 11/2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden No. 36/2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Aib dan Foto Masa Lalu Pelakor Laeli Atik Mutilasi Kalibata City, Dibongkar oleh Mantan Istri Pelaku

Baca Juga: Solusi Upload KTP Prakerja Gagal? Padahal Format Foto Sudah Sesuai Persyaratan. Simak Penjelasannya

“Kami membatalkan kepesertaan 180.000 orang dari gelombang I sampai IV karena mereka tidak melakukan pelatihan 1 dalam 30 hari sejak ditetapkan sebagai peserta,” kata Louisa dalam siaran pers yang dikutip dari ekonomi.bisnis.com, Jumat, 18 September 2020.

Hasil penelusuran PMO menunjukkan, ada tiga alasan utama yang menyebabkan peserta ini tak mengambil pelatihan dalam kurun yang ditetapkan. Louisa menjelaskan alasan tersebut mencakup peserta telah memperoleh pekerjaan, peserta lupa password untuk mengakses akun, dan tidak mengetahui langkah yang dilakukan usai ditetapkan sebagai peserta.

Louisa mengemukakan bahwa PMO Prakerja telah melakukan sosialisasi di berbagai kanal media sejak 20 Maret dan menyediakan media agar peserta dapat bertanya. Pesan pengingat pun telah dikirimkan 7 hari ke setiap penerima kartu prakerja sebelum masa pengambilan pelatihan berakhir.

Baca Juga: #LeaderOfYouthBTS Trending, BTS Beri Hadiah Kapsul Waktu ke Presiden yang akan Dibuka Tahun 2039

Halaman:

Editor: Mualifu Rosyidin Al Farisi

Sumber: ekonomi.bisnis.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x