Inilah 5 Jurus Jitu Jokowi Atasi Inflasi di tengah Pandemi, Apa Saja? Simak Penjelasannya

- 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Ilustrasi foto Presiden Indonesia Joko Widodo/ setneg.go.id/
Ilustrasi foto Presiden Indonesia Joko Widodo/ setneg.go.id/ /

LINGKAR KEDIRI- Mengatasi inflasi di tengah pandemi yang tak kunjung usai bukan perkara mudah. Meski demikian cukup membanggakan, inflasi di Indonesia tahun 2020 cukup terkendali.

Dilansir dari laman Wartaekonomi.co.id dalam artikel yang berjudul "Jinakkan Inflasi, Ini Lima Jurus Jokowi", hadir pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Jakarta secara virtual, berikut 5 jurus jitu Presiden Joko Widodo mengatasi inflasi di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Jadwal Tayangan Televisi Trans7 dan Trans TV Akhir Pekan, Ada Bioskop Spesial dan K-Movievaganza

1. Tidak hanya berfokus pada pengendalian harga, menjaga daya beli masyarakat dengan memberikan penguatan perlindungan sosial dan dukungan terhadap UMKM menjadi yang utama.

2. Pemerintah diharapkan mendukung pemerintah pusat menerapkan kebijakan percepatan realisasi APBD terkait belanja bantuan sosial (bansos) dan belanja modal. Mendukung pemulihan ekonomi yang termasuk di dalamnya terdapat sektor UMKM.

3. Memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah mempromosikan belanja produk pertanian maupun UMKM dalam negeri.

Baca Juga: Cinta Pandangan Pertama hingga Pertemuan Baru, Simak Ramalan Cinta 12 Zodiak, Sabtu, 24 Oktober 2020

4. Menyediakan akses data dan informasi akurat ketersediaan pangan untuk mengatasi permasalahan keterbatasan pasokan bahan pangan, mendorong aktifitas perdagangan dan memperkuat kerjasama antar daerah.

5. Terakhir, pemerintah daerah diharapkan secara kontinu memberikan informasi yang memadai terkait upaya pemerintah menangani pandemi Covid-19. 

Halaman:

Editor: Erik Okta Nurdiansyah

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x