Dosen yang Dianggap Radikal tak Dikasih Jam Mengajar saat Terjadi Konflik Israel Palestina

- 8 November 2023, 15:07 WIB
Ilustrasi: Pernyataan warga Gaza Palestina yang disiksa oleh tentara Israel
Ilustrasi: Pernyataan warga Gaza Palestina yang disiksa oleh tentara Israel /hosnysalah

LINGKAR KEDIRI - Vanaik, pensiunan profesor hubungan internasional dan mantan kepala departemen ilmu politik di Universitas Delhi, dikenal karena aktivisme dan pandangan radikalnya. Sikapnya terhadap isu Israel-Palestina baru-baru ini menuai kritik, terutama setelah pidato yang ia sampaikan di Universitas O P Jindal di Sonipat, Haryana, pada tanggal 1 November yang bertajuk ‘Sejarah dan Politik Masa Kini Palestina’.

Mumbai: Institut Teknologi India (IIT) Bombay telah membatalkan kuliah terjadwal bertajuk ‘Israel-Palestina: Konteks Sejarah’ oleh Profesor Achin Vanaik. Keputusan tersebut diambil setelah meningkatnya kontroversi seputar dugaan sikap pro-Hamas dan pro-Palestina.

Perkuliahan yang semula ditunda dan dijadwal ulang pada 7 November, kini resmi dibatalkan oleh otoritas lembaga. Pembatalan tersebut disampaikan kepada mahasiswa oleh salah satu dosen Departemen Humaniora dan Ilmu Sosial melalui email yang tangkapan layarnya menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Download MP3 Lagu Denting dari Petra Sihombing Sedang Viral dan Trending di YouTube!

Dalam email tersebut, profesor tersebut menyatakan, ‘Karena keadaan yang tidak terduga, kami harus membatalkan kuliah Profesor Vanaik. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.’ Seorang mahasiswa dari IIT Bombay membenarkan bahwa mereka telah menerima email tersebut.

Vanaik, pensiunan profesor hubungan internasional dan mantan kepala departemen ilmu politik di Universitas Delhi, dikenal karena aktivisme dan pandangan radikalnya. Sikapnya terhadap isu Israel-Palestina baru-baru ini menuai kritik, terutama setelah pidato yang ia sampaikan di Universitas OP Jindal di Sonipat, Haryana, pada tanggal 1 November yang bertajuk ‘Sejarah dan Politik Masa Kini Palestina’.

“Pembatalan kuliahnya di IIT Bombay mencerminkan perdebatan dan kontroversi yang sedang berlangsung seputar konflik Israel-Palestina dan sudut pandang berbagai individu yang terlibat,” kata mantan profesor IIT tersebut.

Baca Juga: Download MP3 Lagu Wirang dari Denny Caknan Viral dan Trending di TikTok dan YouTube, Ada Disini!

IIT Bombay menolak mengomentari kejadian ini, sementara email ke Vanaik tidak mendapat tanggapan.

Halaman:

Editor: Haniv Avivu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah