Nyeri Payudara Datang dan Hilang Begitu Saja, Apakah Berbahaya? Ini Penjelasannya

- 8 November 2023, 15:40 WIB
Ternyata risiko terkena kanker payudara bukan hanya untuk para wanita saja namun bisa juga berdampak pada kaum pria meskipun angkanya masih sedikit. Hal ini dibenarkan Dokter spesialis bedah onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais Dr. dr. Denni Joko Purwanto SpB(K)Onk MM.
Ternyata risiko terkena kanker payudara bukan hanya untuk para wanita saja namun bisa juga berdampak pada kaum pria meskipun angkanya masih sedikit. Hal ini dibenarkan Dokter spesialis bedah onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais Dr. dr. Denni Joko Purwanto SpB(K)Onk MM. /Pexels/

LINGKAR KEDIRI - Nyeri payudara yang hilang timbul di payudara sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Nammun seringkali orang menyebutnya jika itu merupakan sebuah pertanda bahaya yang harus diwaspadai.

Namun apa sebenarnya yang terjadi jika payudara seseorang sakit?

Baca Juga: Lirik Lengkap Lagu Dawai dari Fadhilah Intan Viral di TikTok dan YouTube, Hati yang Dulu Terluka...

Beberapa kemungkinan penyebabnya meliputi:

1. Perubahan hormonal

Nyeri payudara yang timbul dan hilang bisa terkait dengan siklus menstruasi. Banyak wanita mengalami nyeri payudara (mastalgia) sebagai respons terhadap fluktuasi hormon, terutama menjelang menstruasi. Perubahan hormon selama siklus menstruasi dapat menyebabkan perubahan sensitivitas dan pembengkakan payudara.

2. Kecederaan atau trauma

Nyeri payudara yang timbul dan hilang juga bisa disebabkan oleh cedera ringan atau trauma pada payudara. Misalnya, aktivitas fisik yang intens, pakaian yang terlalu ketat, atau tekanan fisik pada payudara bisa menyebabkan nyeri sementara.

Halaman:

Editor: Haniv Avivu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah