Jelang Pertemuan Uni Eropa Soal Sanksi Rusia, Harga Minyak Terpantau Menanjak Naik

- 30 Mei 2022, 13:25 WIB
Ilustrasi kilang minyak.
Ilustrasi kilang minyak. /pixsels/

LINGKAR KEDIRI – Harga minyak naik ke level tertinggi dua bulan pada Senin karena para pedagang menunggu untuk melihat apakah Uni Eropa akan mencapai kesepakatan untuk melarang minyak Rusia menjelang pertemuan paket keenam sanksi terhadap Moskow atas invasinya dari Ukraina.

Uni Eropa akan bertemu pada Senin dan Selasa untuk membahas paket sanksi keenam terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata tetangganya.

"Saya tidak berpikir akan berlebihan untuk berasumsi bahwa spekulan memposisikan diri untuk kenaikan pasar minyak pasca KTT Uni Eropa," kata Managing Partner SPI Asset Management Stephen Innes, dilansir LingkarKediri dari laman Reuters.

 Baca Juga: Polemik Kasus Subang, Saksi Ini Mengaku Melihat Yosef di Depan Rumah TKP: Yosef ‘Seperti Orang Kebingungan’

Larangan lebih lanjut pada minyak Rusia akan memperketat pasar minyak mentah yang sudah tegang untuk pasokan di tengah meningkatnya permintaan bensin, solar dan bahan bakar jet menjelang puncak musim permintaan musim panas di Amerika Serikat dan Eropa.

Pemerintah Uni Eropa gagal menyepakati embargo minyak Rusia pada hari Minggu, tetapi akan melanjutkan pembicaraan tentang kesepakatan untuk melarang pengiriman minyak Rusia melalui laut sambil mengizinkan pengiriman melalui pipa, menjelang KTT pada Senin sore, kata para pejabat.

Jika disetujui, kesepakatan akan memungkinkan Hongaria, Slovakia dan Ceko untuk terus menerima minyak Rusia mereka melalui pipa Druzhba untuk beberapa waktu sampai pasokan alternatif dapat diatur.

 Baca Juga: Barat Terus Mendukung Kyiv, Italia dan Hongaria Tiba-tiba Mendesak UE Untuk Berbicara Damai dengan Rusia

Pasar minyak juga gelisah setelah Iran pada hari Jumat mengatakan angkatan lautnya telah menangkap dua kapal tanker minyak Yunani sebagai pembalasan atas penyitaan minyak Iran oleh Amerika Serikat dari sebuah kapal tanker yang ditahan di lepas pantai Yunani.

Halaman:

Editor: Yulian Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x